Senin, 30 Juli 2012

Daftar makanan anti stress

Bukan hanya tubuh yang harus selalu dijaga kesehatannya, pikiran juga harus dilatih untuk selalu positif untuk mendapatkan suasana hati bahagia.
Saat mendapatkan tekanan pekerjaan yang berat , tidak perlu berlama-lama dalam situasi ini. Segera singkirkan stress dengan mengkonsumsi makanan berikut:
- Ikan
Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang tinggal di negara penghasil ikan, memiliki risiko lebih rendah terhadap datangnya serangan depresi, gangguan bipolar.
Hal ini karena ikan memiliki banyak kandungan omega3 dan asam lemak. Studi yang dilakukan pada tahun 2008 juga menunjukkan bahwa pengobatan depresi yang dilakukan dengan minyak ikan sama efektifnya dengan obat antidepresi (prozac) yang digunakan di seluruh dunia, demikian dikutip dari Genius Beauty.

- Tomat
Warna merah pada tomat dihasilkan karena adanya senyawa lycopene yang juga berfungsi sebagai antioksidan. Nyatanya makanan ini memang memiliki manfaat untuk meningkatkan suasana hati, juga dapat mencegah pembentukan radang di otak yang berkaitan dengan stress. Kandungan asam folat, magnesium, zat besi, dan vitamin B6 sangat penting untuk memproduksi zat kimia pembawa pesan atau neurotransmiter di otak, seperti serotonin, dopamin, dan norepinefrin.

- Bit merah
Selain berfungsi untuk meningkatkan sel darah merah dalam tubuh, bit merah ini juga menjadi sumber vitamin B yang dibutuhkan oleh otak. Bit merah ini dapat menjaga fungsi memori dan humor dengan baik.

- Cabai dan bawang putih
Capsaicin yang menciptakan rasa pedas, mampu menghasilkan hormon endorphin. Hormon yang menimbulkan rasa senang dan bahagia. Secara tidak langsung ini akan memberikan efek menenangkan. Sama seperti cabai, kandungan kromium yang ada dalam bawang putih juga memengaruhi regulasi serotonin yang membuat kita merasakan bahagia.

- Madu
Walaupun sama-sama memiliki rasa manis seperti gula, tapi fungsi madu lebih ampuh dari gula. Vitamin B, asam folat, besi, dan mangan, serta 181 senyawa biologis aktif lain dapat meningkatkan produksi energi di otak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar